Senin, 28 November 2011

15 Makanan Agar Kulit Awet Muda dan Cara Cantik Berkat 8 Bahan Natural

Banyak makanan yang bervitamin tetapi tidak semua berkhasiat agar kulit awet muda. Mau tahu makanan apa saja yang berkhasiat untuk melawan penuaan dini pada kulit?

Berries

Buah berry yang berkisar dari blueberry, blackberry, strawberry dan raspberry merupakan sumber flavonoid yang baik, sebuah antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dan tubuh dari penuaan dini dan radikal bebas.

Alpukat
Alpukat mengandung vitamin E untuk menjaga kesehatan kulit yang bercahaya serta mencegah penuaan pada kulit. Selain itu alpukat kaya akan potasium yang membantu mencegah penahanan cairan dalam tubuh dan tekanan darah tinggi. Alpukat juga baik untuk kolesterol karena merupakan sumber lemak tak jenuh tunggal yang sehat. Buah ini juga dapat digunakan sebagai masker wajah dan rambut.

Brokoli

Brokoli kaya antioksidan seperti isothiocyanates dan quercetin. Ini membantu menangani kerusakan yang dipicu oleh radikal bebas. Kecambah brokoli mengandung isothiocyanates 30 kali lebih dari brokoli biasa.

Sayuran silangan

Sayuran silangan seperti lobak, kembang kol, kubis dan brussel sprouts merupakan sumber serat dan vitamin yang membantu untuk memerangi kanker dan racun. Sayuran ini juga kaya akan vitamin C yang membantu dalam mengembangkan kolagen serta elastin yang membantu regenerasi kulit.

Bawang putih

Bawang putih mengandung banyak manfaat kesehatan, dan merupakan agen anti-inflamasi yang membantu dalam menjaga kulit agar bersinar dan sehat.

Teh Hijau

Teh hijau adalah minuman terbaik untuk kulit anti penuaan dini. Teh hijau yang kaya asam tannic dan catechin yang bertindak seperti antioksidan sehingga membantu menjaga kulit agar indah dan sehat.

Wortel, Labu & Kentang
Labu, wortel dan kentang kaya akan beta karoten dimana beta karoten dianggap sebagai antioksidan super yang sangat bermanfaat bagi mata dan kulit.

Bayam

Sayur bayam membantu menjaga kelembaban kulit dan secara bertahap memberikan kulit bersinar untuk terlihat awet muda.

Salmon
Ikan salmon kaya akan asam lemak omega-3 dan juga protein berkualitas tinggi yang berguna untuk kulit. Studi menunjukkan bahwa konsumsi ikan salmon setidaknya 3 kali dalam seminggu dapat membantu kamu untuk tetap sehat dan memiliki kulit yang indah.

Semangka

Buah semangka efektif sebagai anti penuaan untuk kulit sehat karena penuh nutrisi seperti zinc, lemak esensial, selenium, vitamin E, vitamin C, vitamin B dan vitamin A. Kandungannya membantu memerangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.

Tomat

Tomat mengandung lycopene, sebuah senjata ampuh yang digunakan oleh tubuh kita untuk memerangi radikal bebas sekaligus melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Air

Air adalah komponen yang paling penting untuk menjaga kelembaban kulit. Air membantu dalam menghilangkan racun yang diproduksi atau tertelan di dalam tubuh. Kita dianjurkan untuk meminum setidaknya 8 - 10 gelas air setiap hari.

Anggur

Anggur adalah antioksidan kuat dan telah terbukti sebagai makanan anti penuaan yang paling penting untuk kulit.


Selama ribuan tahun, manusia dari berbagai belahan dunia mencoba menemukan berbagai cara untuk menjaga kesehatan dan keindahan rambut, kulit sampai kuku mereka dengan menggunakan bahan-bahan dari lingkungan sekitar. Resep kecantikan dari bahan-bahan yang dianggap berkhasiat kemudian diteruskan secara turun temurun dan dimodifikasi sedemikian rupa sampai menjadi sebuah resep kecantikan yang mudah diikuti. Mau tahu apa saja?

Cina: Minyak Camellia
Khawatir tentang stretch mark? Camellia minyak adalah salah satu minyak goreng yang paling umum di negara Cina bagian selatan, tetapi juga terkenal karena kemampuannya untuk mencegah stretch mark dan perubahan warna kulit.

Republik Dominika: Bawang Putih
Rahasia pintar dari mereka untuk kuku yang kuat dan sehat adalah dengan memotong-motong bawang putih dan memasukkannya ke dalam botol yang diisi dengan cairan base coat. Biarkan selama setidaknya satu minggu dan base coat ini akan membuat kuku kamu kuat serta memiliki sifat antijamur dan antimikroba.

India: Minyak Kelapa
Ingin rambut yang kuat dan berkilau? Para perempuan India menggunakan minyak kelapa yang dipijatkan pada rambut sebelum mencuci rambut. Minyak kelapa berfungsi melindungi, menguatkan, dan sekaligus “memberi makan” rambut. Dikabarkan bahwa khasiat dari minyak kelapa ini membuat banyak perempuan India di daerah pantai memiliki rambut hitam lebat bahkan saat mereka telah berumur 70 sampai 80 tahun.

Jepang: Sake
Sake ternyata bukan hanya lezat diminum. Orang Jepang yang terkenal akan kegemarannya berendam memasukkan sake ke dalam air rendaman. Sake memiliki kandungan asam kojic dan enzim yang melembutkan kulit dan membantu mengurangi hiper-pigmentasi. Yuk, mari kita coba mandi sake ala Jepang!

New Zealand: Madu Manuka
Khasiat antimikroba dan kelezatan madu sudah terkena sejak jaman dahulu. Namun, jenis madu manuka memiliki kemampuan antibakteri dan antimikroba yang lebih kuat dari jenis madu biasa. Karena itu, madu manuka amat baik digunakan untuk melindungi luka di kulit pada tubuh kita.

Ghana: Black Soap
Sabun black soap asal Ghana ini menjadi legendaris karena sifatnya yang membersihkan dengan lembut dan kemampuannya untuk menghaluskan kulit. Bahan dasar black soap terbuat dari campuran shea butter dan kulit pisang raja, yang memiliki banyak vitamin A dan E. Karena itu, tidak heran kalau black soap tidak hanya bekerja sebagai pembersih yang menghilangkan kotoran dan minyak, tetapi juga menjaga kelembaban alami pada kulit.

Perancis: Susu
Susu mengandung asam laktat sehingga mampu untuk mengeksfoliasi kulit dengan lembut sehingga kulit kita akan terasa lebih lembut dan halus setelahnya. Cobalah tuangkan susu segar untuk berendam, dan buktikan sendiri khasiatnya. Kamu juga bisa mencampurkan bunga-bungaan lavender untuk efek aromatik yang menenangkan.

Maroko: Argan Oil
Argan Oil adalah satu fenomena terbaru. Minyak yang tinggi antioksidan, lemak esensial dan vitamin E ini sangat baik untuk rambut dan kulit, dengan kemampuan penyerapan yang jauh lebih baik daripada minyak lainnya. Argan oil yang berasal dari pohon argan ini bisa menggantikan fungsi moisturizer pada wajah serta melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit dan rambut dengan luar biasa. Kepopuleran argan oil ini membuat banyak perusahaan kosmetik seperti Kiehl’s yang memproduksi Superbly Restorative Argan Oil.


By NASTASSYA SAPUTRA @ Fimela.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih